Jelang Mudik, Disdag OKI Tera Ulang SPBU

  • Whatsapp
Pengawasan SPBU sesuai Takaran, Senin 25/4/2022 di SPBU Kayuagung

Kayuagung, INFOSUMSEL.com – Menjelang arus mudik lebaran 1443 Hijriah ini, Dinas Perdagangan Ogan Komering Ilir (Disdag OKI), lakukan tera ulang/uji kesesuaian takaran di Statsiun Pengisisan Bahan Bakar Umum (SPBU) yang dilewati para pemudik. Hal itu sebagai upaya mengantisipasi kecurangan yang merugikan masyarakat menjelang mudik lebaran tahun ini.

Kepala Disdag OKI, Drs. H. Alamsyah, M.Si mengatakan, kegiatan pengawasan tera ulang telah dilakukan di 9 SPBU dan 12 pertashop yang berada di OKI.

Read More

“Dari awal Ramadhan sampai hari ini, kami telah mengawasi alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya di 15 kecamatan, 12 Pertashop, 9 SPBU/APMS dan 2 pasar yaitu pasar Jahe dan Kayuagung,” jelasnya pada media, Senin (25/4/2022).

Alamsyah menjelaskan ada 3 (tiga) parameter yang diuji, yaitu apakah tanda teranya masih berlaku atau tidak, lalu mengukur pengujian kebenarannya dalam batas kesalahan yang diizinkan, dan mengukur ketidaktepatan.

“Hasil dari tera ulang barusan, menunjukkan bahwasanya mesin nozzle atau pipa pengisian yang digunakan masih masuk dalam batas toleransi sesuai takaran,” ujarnya, sesuai kebijakan ‘Pasti Pas’ yang dikeluarkan pertamina.

“Jadi kalau ada masyarakat yang meragukan, itu tidak benar lagi, karena kita sudah melakukan tera ulang terhadap keseluruhan alat pengisian,” tegasnya.

Kegiatan pengawasan alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) memang rutin dilaksanakan oleh Disdag Kabupaten OKI.

“Kami juga melakukan penyuluhan ke pelaku usaha, pedagang dan masyarakat dengan memasang spanduk, membagikan stiker dan brosur 3M (Masyarakat Melek Metrologi),” tutur Alamsyah.

Masih kata dia, selama pengawasan SPBU dan pertashop pihaknya tidak menemukan hasil penakaran yang melebihi Batas Kesalahan Diizinkan (BKD). *.*

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.