Banyuasin Cerdas Terus Digenjot, Salah Satunya Melalui Pembentukan Perpusdes

  • Whatsapp

Banyuasin, INFOSUMSEL.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Banyuasin menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di 5 (lima) kecamatan dalam Kabupaten Banyuasin yakni, Muara Sugihan, Muara Padang, Air Saleh, Muara Telang Kecamatan Makarti Jaya.

Acara ini diselenggarakan selama 3 hari (11-13 /12/2019) yang dikemas dengan Bimbingan Tata Cara Pembentukan Perpustakaan Desa (Perpusdes) dan dialog langsung dengan perangkat desa.

Read More

Adam berharap acara ini mampu menjembatani terbentuknya Perpusdes yang menjadi pusat informasi dan pusat kegiatan masyarakat yang memanfaatkan perpustakaan desa. Sehingga perpustakan desa mampu menjadi fasilitator semua kebutuhan masyarakat desa.

Literasi untuk kesejahteraan menjadi tagline yang terus digalakkan agar tercipta sumberdaya manusia yang unggul, berkualitas dan cerdas. Program ini akan berhasil bila semua komponen bermitra dengan baik sesuai kapasitas dan peran masing-masing.

Hadir dalam pembukaan Bimtek Sejumlah Kepala bidang perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Banyuasin dan narasumber dari Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel.

Adam Ibrahim juga berharap kepada perangkat desa ikut serta dalam proses pembangunan perpustakaan desa dengan menganggarkan di APBDes. Dengan terbentuknya perpustakaan di 288 desa, maka kualitas sumber daya manusia yang unggul dan cerdas dapat segera tercapai.

“Kita bermaksud untuk mendorong terbentuknya perpustakaan desa sekaligus menuntaskan program Banyuasin cerdas yang merupakan Visi Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Makarti Jaya, Syarif sangat mendukung upaya yang dilakukan Dinas Perpustakaan kerasipan dan dokumen Kabupaten Banyuasin yang memberikan pengarahan kepada kepala desa sehingga anggaran desa lebih tepat sasaran dan bermanfaat bagi pendidikan masyarakat desa.

“Kita minta perangkat desa secepatnya dapat membentuk perpustakaan desa sebagai upaya untuk mencerdaskan masyarakat” pintanya.

Sedangkan, Dedi, Kepala Desa Upang Makmur yang mengikuti bimtek mengaku siap menganggarkan dan berupaya membangun Perpustakaan Sesa Tahun Anggaran 2020 sehingga dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat. (Ver)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *