Workshop Kearsipan Nasional; Pengelolaan Arsip Harus Menyesuaikan Zaman

Home / Artikel / Workshop Kearsipan Nasional; Pengelolaan Arsip Harus Menyesuaikan Zaman

shadow

Workshop Kearsipan Nasional; Pengelolaan Arsip Harus Menyesuaikan Zaman

PALEMBANG,  PK- Era yang serba elektronik saat ini membutuhkan layanan publik yang harus serba cepat untuk memenuhi tuntutan zaman. Drs.  Imam Gunarto,  M.Hum Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Arsip Nasional, "Arsip harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Layanan arsip harus cepat, mudah dan menyenangkan, jangan dibuat rumit, " sarannya saat membuka Workshop Nasional Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan  Nasional (JIKN) yang diselenggarakan di Hotel Excelton Palembang 8-9 November 2017 oleh Arsip Nasional RI. Kegiatan ini diikuti oleh 9 (sembilan) pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Selatan dan Universitas Sriwijaya dengan jumlah peserta 20 orang.

"Fungsi pemerintah itu salah satunya adalah menyediakan layanan publik. Beberapa syarat layanan publik harus; jelas, cepat, murah, terjangkau akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan, dan ukuran yang jelas,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan Propinsi Sumatera Selatan, Muslim, SE, M.Si dalam sambutannya mengharapkan, “agar para peserta mampu mengikuti kegiatan ini dengan baik dan hasilnya dapat diterapkan di kabupaten/kota masing-masing, termasuk di Universitas Sriwijaya,” ungkapnya.

“Kegiatan ini menargetkan akan terjadi penambahan simpul SIKN/JIKN menjadi 190 simpul kabupaten/kota. Sementara saat ini baru ada 144 simpul yang sudah terbentuk. Semoga kegiatan ini menjadi pemicu bagi kabupaten/kota lainnya di Sumatera Selatan yang belum menerapkan SIKN/JIKN untuk segera menerapknnya,” harap Imam Gunarto. 

Artikel Terkait

Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar