Gempa Bumi 5 SR di Muara Enim, Tidak Berpotensi Tsunami

Home / Artikel / Gempa Bumi 5 SR di Muara Enim, Tidak Berpotensi Tsunami

shadow

Gempa Bumi 5 SR di Muara Enim, Tidak Berpotensi Tsunami

Hari Minggu, 20 Agustus 2017 pukul 08.06.20 WIB, wilayah Kabupaten Muaraenim diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=5,0 terjadi dengan koordinat episenter pada 4,21 LS dan 103,78 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 32 km arah Barat Daya Ogankomeringulu, , Propinsi Sumatera Selatan pada kedalaman 10 km.


Dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan berpotensi dirasakan di daerah Kota Pagaralam,  Muaraenim dan Liwa dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Berdasarkan laporan sementara di Liwa guncangan dirasakan pada skala intensitas I SIG BMKG (II MMI)


Gempabumi yang terjadi di Kabupaten Muaraenim ini, jika dilihat dari lokasi serta kedalamannya yang dangkal, merupakan jenis gempabumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar lokal dengan mekanisme sumber berupa sesar mendatar (strike-slip fault). 


Hingga pukul 08.40 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).  Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Muaraenim dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.***


Jakarta, 20 Agustus 2017

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG

Drs. MOCH. RIYADI, M.Si

http://www.bmkg.go.id

Artikel Terkait

Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar