Bupati OKI, BPBD Sumsel, BPBD OKI, TNI, Kepolisian & Masyarakat, Bersama Percepat Tanggulangi Karhutla

Home / Artikel / Bupati OKI, BPBD Sumsel, BPBD OKI, TNI, Kepolisian & Masyarakat, Bersama Percepat Tanggulangi Karhutla

shadow

Bupati OKI, BPBD Sumsel, BPBD OKI, TNI, Kepolisian & Masyarakat, Bersama Percepat Tanggulangi Karhutla

Kayuagung-PK. Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan Bapak H Iskandar, SE hari ini Rabu, 09/08/2017 melakukan rapat koordinasi penangganan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kantor Camat Kecamatan Pangkalan Lampam bersama. Rapat Koordinasi (rakor) Karhutla ini dihadiri langsung oleh Kalaksa BPBD Sumsel H Iriansyah, SKM, M.Kes, Danrem, Dandim, Kapolres, Camat yang rawan karhutla.

“Karena memang daerah tempat rakor kali ini sengaja di tempat kejadian langsung yang sering terjadi karhutla khususnya di wilayah OKI. OKI menempati urutan pertama pada tahun 2015 sebagai penyumbang asat terbanyak akibat karhutla. Oleh sebab itu, kami sebagai Koordinator Penanggulangan Bencana Alam langsung bergerak di tempat ini mengajak Bapak-bapak dari aparat keamanan TNI dan Kepolisian. Agar penangganan karhutla ini menjadi perhatian penuh oleh perusahaan maupun masyarakat yang mengelola lahan dan hutan, sehingga tidak membakar dengan sembarangan dalam mengelola lahan hutannya.” Tugasnya dalam sambutan tersebut.

img-1502261416.jpg

Sementara itu, Bupati OKI H Iskandar, SE menyambut baik upaya BPBD Propinsi Sumatera Selatan dan aparat keamanan dalam menanggulangi bencana karhutla yang ada di wilayah OKI. Terlebih lagi 1 pekan yang lalu di Desa Deling Kecamatan Pangkalan Lampam terjadi karhutla sampai beberapa hari dalam memadamkannya, sehingga water bombing oleh heli BNPB perlu dilakukan. Beliau juga menyampaikan bahwa, “menjaga hutan dan lahan adalah tanggung jawab bersama untuk melindunginya dari bencana alam seperti kebakaran akibat pengolahan lahan pertanian sawah. Oleh sebab itu, saya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar dalam mengelola sawah dan hutanya. Karena penegakkan hokum akan kita lakukan dengan keras. Sudah contoh tahun ini yang diproses sampai ketingkat pengadilan, berkasnya pun sudah P21,” ungkap beliau dalam sambutannya.


Pusdalops Akan DIbangun di OKI

Kalaksa BPBD Propinsi Sumatera Selatan, H Iriansyah, SKM, MKes, dalam sambutannya mengatakan bahwa, “saya memberikan apresiasi kepada tim Satgas BPBD OKI, Manggala Agni dan aparat kemanan TNI dan Kepolisian yang sigap dan langsung memberikan penanggulangan karhutla begitu terjadi kebakaran.”.

Beliau juga menambahkan bahwa, “Pada tahun 2018 insyallah BNPB Ri atas persetujuan BPBD Sumsel telah menyetujui dibangunnya Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Karhutla di OKI ini. Karena OKI memiliki wilayah yang luas baik gambut dan rawa-rawanya. Karena Pusdalops adalah jantungnya dalam operasional kegiatan. Pusadalpos sebagai pusat komunikasi antara pengambil kebijakan dengan tim satgas berbagai elemen yang bekerja di lapangan saat terjadi karhutla. Sehingga kami sangat menyambut baik upaya BPBD OKI mengupayakan untuk segera dibangunnya pusdalops di OKI ini.” Pungkasnya.


Artikel Terkait

Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar